Minggu, 04 Februari 2018

Typography, Kenapa Penting dalam Web Desain?


Sementara video yang mengagumkan dan foto yang menakjubkan bisa mendapatkan banyak kemuliaan secara online, kenyataannya adalah bahwa Web terutama konten teksnya. Jika ada satu area di situs Anda di mana beberapa perhatian desain tambahan bisa berjalan jauh, itu adalah tipografi situs itu.

Selama bertahun-tahun, situs web hanya terbatas untuk bisa menggunakan beberapa "font aman web," seperti:
  • Arial
  • Verdana
  • Times New Roman
  • Georgia
  • Tahoma
  • Lucida
  • Impact,
  • many more
Ini adalah font yang pada dasarnya dijamin dipasang di komputer Anda (karena ini adalah tempat sebuah situs web membaca fontnya). Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemilihan font untuk situs web telah menghasilkan lompatan yang signifikan dengan pengenalan @font-face.

Dengan metode ini, file font dapat disertakan bersama dengan sumber daya lainnya, seperti gambar, yang harus digunakan situs web agar ditampilkan dengan benar. Alih-alih mendapatkan font dari komputer pengguna, sebuah situs web malah bisa menggunakan file font yang disertakan sehingga memungkinkan akses ke beragam pilihan font yang digunakan dalam desain itu!

Sementara memiliki akses ke lebih banyak font sangat bagus, bagaimana Anda memanfaatkannya masih penting. Sebenarnya, dengan sejumlah besar kemungkinan yang tersedia bagi para desainer web saat ini, keterampilan tipografi yang kuat lebih penting daripada sebelumnya.

Selain itu, memiliki sejumlah besar font yang bisa dipilih sangat mengagumkan, namun Anda tetap harus membuat pilihan yang tepat untuk proyek khusus Anda. Memahami jenis font (serif, sans-serif, slab-serif, display, dll) yang tepat adalah kuncinya.

Tipografi bukan hanya tentang pemilihan huruf, tapi juga tentang ukuran dan warna yang Anda gunakan untuk pesan serta bobot huruf, jarak di sekitar huruf dan kata-kata itu, dan banyak lagi. Yang terpenting, ini tentang konten teks yang mudah dan menyenangkan untuk dibaca. Inilah contoh yang bagus:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar